Assalamualaikum, namaku Daffa Sanjaya Putra. Kalian bisa memanggilku Daffa atau Jaya. Aku tinggal di Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Aku adalah murid kelas 7B SMP Unggulan Ar-Rahman. Postingan pertama dalam blog ini akan aku isi dengan puisi ber-unsur biokimia sebagai tugas dari Umi Eci. Selamat membaca 💫



Fotosintesis: Kehidupan Bumi


Aku adalah anugrah Tuhan. 

Aku diam tertanam di bumi, 

Aku menari karena sinaran mentari. 


Aku bermekaran dengan sukacita, 

Tetesan langit membantuku tetap tertata. 

Aku tumbuh dan aku bahagia. 


Akan ku perkenalkan sesuatu yang luar biasa dari diriku, 

kau bisa menyebutnya fotosintesis. 

Jangan kaget, sebab aku mengolah energiku sendiri. 


Ku hirup sekuat tenaga karbondioksida yang melintasi. 

Ku hayati sepenuhnya resapan air, menjalar dari akar sampai daun-daun.

Juga kilau cahaya mentari yang abadi ku resapi.


Oksigen yang ku hembus jadi tombak kehidupan untuk yang lain.

Pun glukosa kupakai untuk siklus ulang pada proses-proses selanjutnya.


Segala yang terjadi dalam diriku, 

seluruhnya ku syukuri. 

Sebab Tuhan menjadikanku sumber kehidupan untuk yang lainnya. 

Kuharap, kasih sayang makhluk-Nya tak terbatas untuk makhluk sepertiku. 











Comments

Post a Comment